Nasihat Agar Cinta (Selalu) Tahan Banting

509
Facebooktwitterpinterestlinkedinmail


Bisa nggak hubungan berjalan tanpa nasihat dan rambu? Bisa saja.
Tapi, sejujurnya, lebih banyak pahitnya daripada manisnya.
Nah, yang manis-manis itu bisa kita baca di bawah ini.

Menjalin hubungan membutuhkan beberapa faktor untuk bertumbuh. Jujur saja,
“in a relationship” cukup sulit bahkan sangat sulit buat beberapa orang. Walaupun memiliki hubungan sangat memuaskan hati, tantangannya juga bisa bikin ciut. Mengetahui ada nasihat yang membuat hubungan bisa berjalan baik membantu kita memiliki kebahagiaan berbagi hidup dengan orang lain… sampai maut memisahkan. Apa saja yang kita cermati dan pahami agar perjalanan berdua dengan si dia lebih sehat dan bahagia?

Apa sih konsep dasar hubungan sebenarnya?
Hubungan dapat menimbulkan tumbuhnya hasrat, kepuasan, dan juga stres ketika tidak berhasil. Ada banyak faktor yang baik secara positif maupun negatif memengaruhi hubungan. Memiliki keseimbangan dalam sebuah hubungan sangatlah penting agar dapat bertahan lama, dan hubungan yang baik memberi dampak yang baik pula pada kualitas hidup kita.

Apa saja jenis hubungan romantis?
Salah satu fakta tentang cinta dan hubungan adalah tidak ada dua hubungan yang sama. Seperti halnya kita mengenal jenis-jenis kepribadian, demikian juga ada jenis-jenis romansa yang dialami oleh pasangan. Mulai dari yang menyenangkan sampai praktis, atau diantaranya. Setiap jenisnya memiliki “rasa” yang unik.

Apa sih yang penting dalam sebuah hubungan?
Pasangan bisa saja “terjebak” dalam moda otomatis dalam berpasangan setelah beberapa lama bersama, yang artinya hal itu sangat memengaruhi kualitas hubungan mereka. Carilah tahu apa yang paling penting dalam hubunganmu dengannya dan fokuslah di situ agar kualitas hubungan tetap terjaga.

Tahap-tahap apa saja dalam berpasangan?
Sebuah hubungan terjalin dengan ketertarikan biasa dan kemudian semakin dalam dan akhirnya bertumbuh menjadi sebuah hubungan yang dapat bertahan dalam badai seganas apa pun. Setiap tahapan hubungan terbentuk karena adanya tantangan yang dihadapi bersama. Jadi, sangatlah penting untuk mengetahui sudah di tahap mana hubungan kalian dan bagaimana mengelolanya.

Apa yang membuat hubungan itu baik?
Fungsi sebuah hubungan adalah semata-mata membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik. Terlepas dari mengubah diri sendiri untuk memelihara hubungan, memiliki komunikasi terbuka, kepercayaan pada pasangan, percaya diri, dan kejujuran adalah beberapa faktor yang dipercaya dapat membuat pasangan kita awet terjaga dalam hubungan yang memuaskan, baik secara fisik maupun emosi.

Apa sih yang sebenarnya kita inginkan dalam sebuah hubungan?
Memahami hubungan dan keinginan diri dari hubungan itu memerlukan introspeksi yang lebih dalam sehingga kita dan pasangan terpuaskan. Galilah elemen apa saja secara detail yang kita dan dia inginkan dalam hubungan ini.

Dalam hubungan yang baru banget “jadian”, tes ombak dulu dengan secara tulus menunjukkan kasih sayang dan perhatian, tanpa banyak kritik. Jangan berharap terlalu muluk pada pasangan, tidak memberinya aturan “dos and don’ts”, dan langsung bikin rencana pernikahan adalah bagian dari nggak realistis.

Kebiasaan apa saja yang perlu dibangun untuk sebuah hubungan yang baik?
Pasangan yang memiliki hubungan yang sehat secara sadar dan tak sadar mengikuti praktik-praktik tertentu yang menolong mereka membangun hubungan yang lebih baik. Praktik tersebut menjadi kebiasaan yang otomatis dilakukan tanpa banyak perlawanan, misalnya menunjukkan terima kasih, membangun minat yang sama, atau mengupayakan komunikasi yang sehat.

Bagaimana memertahankan jati diri dalam hubungan?
Pentingnya sebuah hubungan dalam hidup kita adalah dia menjadi saksi saat pasangan kita membuat kita merasa dicintai, membantu kita menghadapi tantangan, dan peduli akan kesejahteraan kita. Namun, tak sedikit pasangan yang dominan membuat kita harus “mengecilkan” kepribadian kita agar hubungan ini terus berlangsung. Padahal, hal ini dapat membuat kita menjadi pribadi yang terkekang, tak berdaya, dan tentu saja tidak memuaskan. Ketika pasangan yang dominan menjadikan hubungan justru menyesakkan, mungkin saatnya untuk bicara terbuka dengannya.

Komunikasi seperti apakah yang efektif agar hubungan dapat bertumbuh?
Tidak semua terlahir menjadi pembicara ulung yang jago berdiplomasi. Namun, memiliki kemampuan berbicara yang efektif tentu bisa dipelajari dan dipraktikkan secara terus menerus. Komunikasi yang efektif tentu membuat kedua pihak memiliki pemahaman yang baik pula. Hal ini termasuk menggunakan pernyataan “aku/saya” ketika terjadi masalah, aktif mendengarkan, memberi perhatian penuh, dan lainnya.

Apa peran keintiman dalam hubungan?
Keintiman adalah lem yang melengketkan dua pribadi dalam sebuah hubungan. Apakah itu sifatnya fisik, emosi, atau intelektual, semua pasangan memerlukan keintiman dalam berbagai bentuk untuk tumbuh bersama.

Dapatkan sebuah hubungan bertahan hidup tanpa keintiman?
Keintiman memiliki peran sangat penting dalam membentuk jalinan hubungan, dan tidak adanya keintiman tentu membuat hubungan seperti bom waktu yang bisa meledak dan bubar kapan saja. Meski paham bahwa elemen terbesar dalam sebuah adalah keintiman, banyak pasangan yang masih masa bodoh pada keintiman walaupun mereka sadar hubungan mereka mulai terasa hambar.

Apa saja tantangan umum sebuah hubungan?
Setiap hubungan pasti sepaket dengan tantangannya sendiri dan perlu usaha terus menerus dari kedua belah pihak untuk “make the Relation-Ship stay afloat”. Sebelum kita mulai mengupayakan hubungan ini, penting untuk mencari tahu dulu apa saja yang menjadi (bakal) masalah, dan tantangan apa saja yang nantinya berpotensi mengganggu hubungan kita, serta cari tahu bagaimana memperbaikinya, baik berdasarkan pengalaman ataupun antisipasi.

Jika tantangannya terlalu berat, jangan berkecil hati dulu. Carilah penolong dari sahabat yang kamu percayai atau profesional konselor. Nah, mari cermati apakah salah satu tantangan di bawah ini adalah milik kalian?
– tidak percaya diri
– perselingkuhan
– konflik
– iri hari
– pelecehan verbal
– hubungan beracun
– takut berkomitmen
– masalah kontrol
– masalah percaya
– kesehatan mental
– hubungan jarak jauh

Tanda-tanda apa saja bahwa hubungan dalam bahaya?
Masalah-masalah dalam hubungan dengan sendirinya menyalakan alarm-alarm khusus yang mudah/susah untuk dideteksi. Selalu mawas akan alarm ini adalah langkah awal untuk menyelesaikan/menghindarinya di masa depan.

Bagaimana memperbaiki masalah?
Memperbaiki masalah dalam sebuah hubungan memerlukan pengetahuan dan kesadaran yang tepat akan masalah itu sendiri. Tahu ada masalah, tapi nggak mengakuinya justru akan memperparah situasi. Pun, mencoba menyelesaikan tanpa paham caranya sama saja dengan membunuh hubungan itu sendiri. Jika tahu dan sadar bahwa isu itu ada, cobalah selesaikan dengan kesabaran, memperbaiki komunikasi, dan upayakan keadilan bagi kalian berdua.

Bagaimana memerbaiki hubungan setelah putus?
Bisa saja sebuah hubungan terlihat begitu kuat sehingga nggak bisa putus atau sebaliknya sebuah hubungan nggak bisa diperbaiki once broken. Yang terpenting adalah bagaimana kita menangani masalah yang muncul.

Bagaimana narsisme berdampak pada hubungan?
Narsisme jelas memengaruhi hubungan dalam cara berbeda-beda tergantung perubahan mood si pasangan narsis. Kita nggak akan mau terlibat dalam sebuah hubungan dengan si narsis kalau saja kita tahu dari awal dan kalaupun terlanjur sudah, biasanya kita akan meragukan diri sendiri saat mencoba menangani situasi yang muncul.

Apa saja tanda bahwa saya memiliki pasangan narsis?
Rasa percaya diri berlebih, kurang empati, sikap manipulasi, dan perilaku yang menguntungkan diri sendiri adalah beberapa tandanya.

Bagaimana memelihara hubungan yang kuat?
Setiap hubungan memiliki pasang surutnya sendiri. Yang terpenting adalah bagaimana setiap pasangan bekerja sama mengatasinya. Ada tantangan-tantangan biasa yang setiap pasangan pasti alami, dan jika tertangani dengan baik akan membuat hubungan lebih kuat.

Bagaimana cara berantem yang adil dalam sebuah hubungan?
Argumen dan bertengkar tidak selalu mengakibatkan retaknya sebuah hubungan. Penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang sering berargumen dengan tenang cenderung bertahan lebih lama. Pasangan terkuat adalah mereka yang tak takut berargumentasi, bertengkar dengan adil, bicara terbuka dan jujur.

Apa saja tujuan terbaik sebuah hubungan?
Memiliki tujuan dalam hubungan sangatlah penting untuk tetap maju dalam cara yang sehat. Tentunya, tujuan ini harus realistis, ya. Menjadi sahabat bagi pasangan dan bukan hanya teman tidur, menyelesaikan masalah dengan cara yang dewasa, melakukan sesuatu yang baru dari waktu ke waktu adalah beberapa cara yang tentu saja dapat membantu.

Apa arti cinta sejati dalam sebuah hubungan?
Cinta dalam sebuah hubungan memiliki banyak bentuk. Setiap pasangan mungkin tidak menyadarinya meski sudah menjalin hubungan beberapa lama. Cinta dalam sebuah hubungan perlu watu untuk tumbuh dan berkembang, tapi layak ditunggu karena keberadaannya akan melengkapi hubungan itu sendiri. [IM]

 

========================================================

 

Best Love Advice These Sydneysiders Ever Received

Nggak afdol tentunya kalau tidak melibatkan pembaca Indomedia untuk memberikan nasihat-nasihat cinta terbaik yang pernah didapatnya. Wah, apa sajakah itu?

Nawa (Riverwood)

“Jangan mencintai seseorang karena penampilan atau kekayaannya karena semua itu hanya sementara. Makin bertambah usia, penampilan bisa meredup dan kekayaan juga bisa datang dan pergi begitu saja. Carilah seseorang yang mempunyai kepribadian yang baik, bisa menghargai pasangan, rajin, jujur, bertanggung jawab, dan juga humoris (biar nggak serius terus).”

Sherly (Richmond)

“‘Jadi orang harus sabar dan saling mengalah.’ Itu nasihat dari mamih saya yang selalu saya dengar sampai menikah.”

Tifanny

“Apakah kamu sudah mencintai dirimu sendiri?
“Percayalah, sebelum mencintai orang lain maka cintailah dirimu sendiri terlebih dahulu, maka orang yang berada di sekelilingmu juga akan melakukan hal yang sama kepadamu.
Semua akan menjadi begitu indah dan damai jika kamu dapat mencintai dirimu sendiri.
“Lepaskanlah apa yang memang harus dilepaskan, pertahankan apa yang memang menurut kamu itu worth it dalam kehidupanmu. “Sesuatu yang semakin kamu genggam dengan erat, maka akan melukai dirimu sendiri terus-menerus.
“Coba lebih mengikhlaskan untuk melepaskannya, walau di awal akan terasa begitu sakit, tapi setelah terlepas dari genggaman tersebut lukanya akan sembuh dengan sendirinya.
“Hidup hanya satu kali dan waktu tidak dapat diputar ulang kembali, jika kamu tidak ingin menyesal dikemudian hari, so be the best part of your life.
“Berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak, jika tidak ingin menyesal di kemudian hari.”

Albert

‘Cinta yang paling baik adalah cinta yang tumbuh dari diri sendiri tanpa adanya pengaruh pihak luar’. Begitulah nasihat cinta yang saya coba jalani dalam petualangan hidup ini. Baik cinta terhadap negara, keluarga, relasi, bahkan terhadap sesama manusia. Sejak janin, manusia sudah diajarkan apa itu cinta, melalui proses penantian dalam kandungan. Perhatian, pelukan dan kesabaran orang tua adalah wujud nyata cinta yang sejati. Mereka yang mengalami proses ini akan dengan sendirinya menyalurkan hal yang sama terhadap lingkungan di mana mereka berada. Surga adalah di mana kita menjalani hidup ini dengan penuh cinta.

Salah satu lirik favorit dari sebuah lagu Ari Lasso, “Segalanya bisa kau punya, tapi apa arti hidupmu, tanpa cinta di dalam hati, pasti hidupmu tak bermakna”…

Dokter cinta yang tidak bisa mengobati lukanya sendiri

“Cinta adalah sebuah kata dengan banyak arti dan banyak makna.
“Buat gue pribadi, mendengarkan nasihat tentang cinta dari orang lain itu sangat amat penting agar kita nggak terlalu terbuai dengan cinta, agar kita tidak terlalu buta dengan cinta.

Karena cinta itu bisa nyenengin banget, tapi juga bisa nyakitin banget.
Cinta bisa buat kita bahagia banget, tapi cinta juga bisa buat kita jadi hancur banget.
Tapi, siapa pun yang memberi nasihat itu, tidak pernah dan tidak akan mengerti dengan rasa cinta yang sedang kita rasakan atau yang sedang kita jalani.
Jadi, menurut gue, lebih baik mengikuti kata hati sendiri aja, dengan catatan kita harus siap menanggung dan menghadapi semua risikonya. Karena kita sendirilah yang sedang merasakan cinta itu.

Sedikit catatan untuk kalian ingat dan perlu kalian sadari, cinta itu tidak buta. Karena kalau Cinta itu buta, Cinta gak akan bisa lari-lari ngejar Rangga di airport waktu Rangga mau pergi kuliah ke Amerika.”
Salam

Adi

“Seorang Pendeta pernah menasihati gue tentang mencintai pasangan: ‘Hubungan dengan orang kita cintai itu seperti 2 roda gigi yang saling bersentuhan. Jika keduanya saling memertahankan kedudukannya tanpa mau mengalah, keduanya akan sama-sama hancur. Saling mengalahlah supaya roda gigi kehidupan dengan orang yang kita cintai bisa berputar dengan indah’.”

Yuvida

1. Memangil pasanganya dengan kata “sayang”, ”my love“ or any yang membuat satu sama lain dicintai dengan panggilan khusus.
2. Memaafkan jika ada kesalahan, kekurangan atau kelemahan.
3. Saling terbuka.
4. Memberi perhatian khusus satu sama lain.
5. Saling “mengasihi “ tanpa melihat apa pun.

Itu semua yang kami lakukan sampai saat ini.

 

Humeira Helmy

Cinta kepada guru dan orang-orang soleh.
Bilamana ianya adalah kepada yang positif, maka ia akan jadi positif. Sehingga cinta itu boleh menempatkan orang setinggi mana bersama orang yang dicintai (Al Habib Ali Abidin Zaenal Al Hamid).

 

 

Marleen (South Hurstville)

Kamu bisa memegang tanganku untuk sementara, tapi kamu bisa memegang hatiku untuk selamanya.

Conny Wijono (Bexley North)

Nasehat cinta terbaik yang pernah saya ikuti:
• komunikasi yang baik dalam segala hal
• saling percaya
• tidak mengingat kesalahan
• mudah memaafkan
• perhatian satu sama lain

Yoen Yahya (Maroubra)

Walau sudah di usia senja boleh ya ikutan komen tentang CINTA. Karena CINTA itu seperti angin. Tidak tampak tapi dapat dirasakan. Allah menghadirkan Cinta sepanjang masa. Bersyukurlah bisa merasakan tulusnya Cinta.

 

 

 

Dalam keheningan kubersimpuh
Kubuka lembaran-lembaran kitabMu
Kutemukan damai membaca sabdaMu
Dalam setiap doaku yang kuminta pada Allah bisa bertemu dengan mu dua kali yaitu sekali di dunia dan sekali lagi di syurga

To LOVE
Without conditions,
To talk without reason,
To care without expectation;
That’s the spirit of true love

Dueta Indreswari & Dicky Satrio

Ketika cinta menghampiri, tidak ada alasan lagi untuk kita melihat kebelakang, karena begitu banyak harapan indah
di depan sana menanti untuk dihampiri dan digenggam.

Mencintai adalah komitmen untuk saling menghargai, memberi dan menjaga kepercayaan yang diberikan satu
sama lain.

Cinta tidak bisa didiamkan begitu saja dan berharap selalu ada, karenanya cinta perlu untuk selalu disiram dan dipupuk agar semakin lama semakin tumbuh subur.

Dulu kami saling mencintai, sekarang kami semakin mencintai satu sama lain…

Living a dream, is having a life full of love. Love to give that worth much more than love to receive. Live the life for the love! [IM]

Previous articleClaudia, Si Ahli Diet
Next articleBisakah pergantian pekerjaan mempengaruhi aplikasi hipotek Kamu?